9 Pengertian Badan Golgi, Struktur dan Fungsi Badan Golgi

Apa Pengertian Badan Golgi ? Badan Golgi atau disebut pula dengan aparatus golgi merupakan salah satu organel sel yang membantu dalam modifikasi dan pengiriman protein serta makromulekul lainnya. Badan golgi lebih banyak ditemukan dalam sel eukariotik dan hampir ada pada semua sel pada tubuh. Pada sel hewan, setiap sel biasanya memiliki badan golgi atau Aparatus Golgi sebanyak 15 sampai 20,sedangkan pada tumbuhan bisa mencapai hingga ratusan badan Golgi.

Badan Golgi sendiri tersebar pada struktur sitoplasma dan merupakan bagian penting dari struktur sel. Badan Golgi sangat penting bagi sel sekresi. Pada badan Golgi antara badan golgi satu dengan badan golgi lainnya akan menbentuk struktur seperti jala.

Badan Golgi bukan hanya disebut sebagai Aparatus Golgi melainkan pula kompleks Golgi dan juga Diktiosom. Diktiosom biasanya lebih disebutkan kepada badan Golgi yang ada pada tumbuhan.

Badan Golgi juga memiliki hubungan yang erat dan penting dengan Retikulum Endoplasma, hal ini berkaitan dengan sekresi protein pada sel. Seperti yang diketahui bahwa Retikulum Endoplasma memiliki fungsi mengumpulkan dan kemudian menyalurkan protein ke badan Golgi. Proses selanjutnya setelah badan Golgi menerima protein dari Retikulum Endoplasma ialah mereaksikan protein dengan glioksiat sehingga terbentuklah Glikoprotein yang kemudian dibawa keluar dari sel.

pengertian struktur badan golgi

Struktur Badan Golgi

Badam Golgi memiliki bentuk seperti cakram yang becabang menjadi serangkaian pembuluh dan memiliki ujung yang semakin mengecil.

Sedangkaian Pembuluh ini memiliki kaitan yang erat dengan fungsi dari badan Golgi yakni pengeluaran sel. Serangkaian pembuluh ini akan mengumpulkan serta membungkus karbohidrat dan juga zat zat lainnya yang berguna untuk kemudia diangkut ke permukaan sel. Selain itu, serangkaian pembuluh ini juga menyumbang bahan bagi pembuatan dinding sel.

Organel badan Golgi terbentuk oleh membran yang  berbentuk seperti dan juga vesikula. Dari tubulus yang ada pada badan Golgi dilepaskanlah kantong kantong yang berisi bahan serta zat zat yabg diperlukan dalam pembuatan dinding sel.

Badan Golgi merupakan organel yang memiliki kesamaan dengan Retikulum Endoplasma. Yang membedakannya ialah pada badan Golgi terdapat berlapis lapis ruangan yang tertutup oleh membran.

Cis dan trans merupakan dua bagian yang ada pada badan Golgi.

  • Cis merupakan bagian yang menerima vesikel vesikel yang sebagian besar berasal dari Retikulum Endoplasma kasar. Vesikel ini nantinya akan diserap ke ruangan ruangan yang ada pada badan Golgi.


  • Trans Vesikel vesikel yang diserap oleh ruangan ruangan pada badan Golgi kemudian nantinya akan berpindah ke trans. Disinilah ruangan ruangan tersebut kemudian memecahkan dirinya dan membentuk vesikel. Vesikel vesikel ini akan disebarkan keseluruh sel dan juga keluar sel.

Fungsi Badan Golgi

Badan Golgi memiliki berbagai macam fungsi berikut ini.

1.    Membentuk vesikuka atau kantung untuk proses sekresi
2.    Membentuk membran plasma
3.    Membentuk dinding sel (terjadi pada tumbuhan)
4.    Modifikasi protein
5.    Transport lipid
6.    Berfungsi membentuk Lisosom
7.    Membentuk akrosom yabg berisi enzim dan memiliki Fungsi memecah dinding sel