Macam Macam Organel Sel Hewan dan Fungsinya

Organel sel hewan pada dasarnya memiliki banyak persamaan dengan organel pada sel tumbuhan, namun meskipun begitu tetap ada perbedaan diantara keduanya. Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara sel hewan dengan sel tumbuhan ialah bawha sel hewan tidak dapat membuat makanannya sendiri. 

Sel hewan memiliki tiga bagian utama yaitu membran sel atau dinding sel, nukleus atau inti sel dan juga sitoplasma. Ketiganya memiliki fungsinya masing-masing. Namun selain ketiga bagian utama tersebut, masih terdapat beberapa macam organel sel. Berikut ini ulasan lengkap mengenai macam-macam organel hewan dan fungsinya .
organel sel hewan dan fungsinya

1. Membran Sel

Membran sel atau disebut pula dinding sel, seperti pada namanya merupakan bagian terluar dari sebuah sel. Membran sel berguna untuk menjaga inti sel. 

Fungsi dari membran sel ialah untu menjaga adanya zat zat berbahaya yang masuk keluar dari inti sel, selain itu mencegah pula zat zat yang bermanfaat bagi sel keluar dari inti sel.

2. Inti Sel atau Nukleus 

Inti sel atau disebut pula nukleus merupakan inti yabg mengatur dan mengendalikan segala aktivitas pada sel mulai dari menjaga metabolisme hingga pembelahan pada sel. Nukleus mengandung sebagian besar materi genetik berupa DNA linear panjang yang membentuk kromosom-kromosom. Adapun bagian bagian dari Nukleus ialah membran inti atau karioteka, Kromatin dan kromosom, nukeloplasma atau kariolimfa, dan nukleolous. 

Fungsi dari inti sel atau nukleus ialah tempat untuk menyimpan informasi genetik, tempat terjadinya replikasi dan juga berfungsi dalam mengatur metabolisme dalam sel. 

3. Sitoplasma 

Sitoplasma terdiri dari protein material dan sebagian besar air. Hal ini menyebabkan sitoplasma berbentuk cairan seperti gel. Sifat dati sitoplasma sendiri yaitu koloid kompleks, yakni tidak cair namun tidak pula padat, kondisinya dapat disesuaikan dengan konsentrasi air yang dikandungnya. 

Sedangkan untuk fungsi sitoplasma sendiri ialah sebagai tempat berlangsungnya metabolisme sel dan juga sebagai sumber bahan kimia bagi sel. 

Tiga bagian utama sel hewan adalah membran sel atau dinding sel, nukleus atau inti sel dan juga sitoplasma

4. Retikulum Endoplasma 

Bagian dari sel ini berbentuk seperti benang benang yang terletak 0ada inti sel. Retikulum Endoplasma terbagi menjadi dua, yaitu Retikulum Endoplasma halus dan juga Retikulum Endoplasma kasar. Perbedaan dari dua jenis Retikulum Endoplasma ialah jika pada Retikulum Endoplasma kasar, maka bagian ini akan menempel pada Ribosom, sedangkan Retikulum Endoplasma yang halus tidak menempel pada Ribosom. 

Fungsi dari Retikulum Endoplasma ialah sebagai alat transportasi zat pada sel, mensintesi lipid atau lemak dalam sel, mebantu detoksifikasi zat-zat berbahaya yang ada pada sel, serta sintesa protein. 

5. Mitokondria 

Mitokondria memiliki dua lapisan membran yang berlekuk lekuk yang dinamakan sebagai kritas, mitokondria sendiri berbentuk seperti cerutu. Mitokondria sendiri menghasilkan energi yang merupakan hasil kombinasi dari oksigen dan juga glukosa. Mitokondria juga merupakan bagian dari sel yang dapat mengubah energi kimia menjadi energi yang lainnya. 

Fungsi dari Mitokondria ialah sebagi respirasi seluler dan juga sebagai organel yang menghasilkan energi dalam bentuk ATP. 

6. Lisosom 

Lisosom memiliki bentuk seperti kantong yang terikat pada membran yang berisi kandung enzim hidrolitik yang digunakan untuk mengontrol pencernaan intraseluler dalam keadaan apapun. Lisosom sendiri merupakan organel sel yang terdapat pada sel eukariotik. 

Fungsi dari Lisosom ialah untu mengontrol pencernaan intraseluler, menghancurkan organel sel yang telah rusak, Mencerna materi menggunakan figosintosis, pemasukan makromulekul dari luar sel menuju dalam sel dengan mekanisme endositosis. 

7.Mikrofilamen

Mikrofilamen tersusun dari protein aktin dan miosin, Mikrofilamen memiliki bentuk yang sangat mirip dengan organel Mikrotubulus, yang membedakan keduanya ialah mikrofilamen memiliki struktur lebih lembut dan diameternya lebih kecil. 

Fungsi dari Mikrofilamen ialah berperan dalam endositosis, eksositosis dan juga pergerakn sel. 

Demikian pembahasan mengenai macam-macam organel pada sel hewan beserta fungsinya. Anda juga dapat membaca artikel terkait seperti Macam Macam Organel Sel Tumbuhan dan Fungsinya,