Apa Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna


Apa Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna || Sebagaimana telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, metamorfosis adalah perubahan bentuk dari larva menjadi dewasa.  Metamorfosis merupakan suatu tahapan perkembangan pada hewan dari larva menjadi dewasa. Hewan yang mengalami masa perkembangan yang melalui fase larva umumnya mengalami tahapan metamorfosis.

perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna

Metamorfosis secara umum dibedakan menjadi dua, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Lalu apa perbedaan metamofhosis sempurna dan metamorfosis tidak sempura? Berikut uraiannya.

Perbedaan metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna dapat kita ketahui dari tahapan perkembangannya ataupun dari hasil akhirnya. 

Pada metamorfosis sempurna, perubahan hewan dari fase larva menuju dewasa mengalami empat tahap pertumbuhan dan perkembangan, sedangkan pada metamorfosis tidak sempurna hewan hanya mengalami dua tahapan saja. 

Tahap – tahap metamorphosis sempurna yaitu : 

Telur →Larva → Pupa → Individu Baru 

Tahapan metamorfosis sempurna ini misalnya terjadi pada katak. Dimana telur katak hasil pembuahan tidak berkembang langsung menjadi anak katak yang akan menjadi katak dewasa. Akan tetapi melalui proses menjadi berudu, kemudian katak berekor, lalu mulai menyesuaikan dengan kehidupan darat dan menjadi katak muda yang akan berkembang menjadi katak dewasa. 

Sedangkan tahapan yang terjadi pada metamorfosis tidak sempurna dimulai dari telur yang kemudian akan menjadi nimfa atau individu muda yang ciri morfologinya mirip dengan individu dewasa. Nimfa inilah yang akan berkembang menjadi individu baru dewasa. 

Hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna misalnya terjadi pada belalang. Siklus hidup belalang diawali dengan fase telur yang kemudian menetas menjadi belalang kecil. Belalang kecil tumbuh menjadi belalang dewasa. 

Itulah tadi perbedaan antara metamorfosis sempurna dengan metamorfosis tidak sempurna. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi tambahan ilmu bagi kita semua.