Struktur dan Fungsi Membran Sel atau Membran Plasma


Apa itu membran sel? Dan bagaimana struktur dan fungsi membran sel? Membran sel sering disebut juga dengan nama membran plasma atau plasmalema. JIka anda membaca tentang perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, anda akan dapati bahwa bagian  ini merupakan bagian yang sama-sama ada pada sel hewan maupun tumbuhan.

Namun pada sel hewan, membran sel merupakan lapisan terluar yang membatasi sel dengan lingkungan di sekitarnya. Hal ini sedikit berbeda dengan membran sel yang terdapat pada sel tumbuhan yang terletak antara dinding sel dan isi sel. 

Membran sel berbentuk selaput tipis yang memiliki tebal antara 5-10 nm. Jika kita amati dengan menggunakan mikroskop cahaya selaput ini tidak akan terlihat jelas, namun tatkala sel mengalami plasmolisis keberadaan membran sel batulah akan nampak lebih jelas.

Struktur dan Fungsi Membran Sel

Struktur Membran Sel

Jika dimati secra mendalam, membran sel ternyata tersusun atas dua lapisan yaitu lipid dan protein.

1. Lapisan Lipid
Lapisan ini disusun terdiri dari fosfolipid,glikolipid, dan sterol.
  • Fosfolipin merupakan lipid yang mengandung gugus fosfat dan terdiri atas polar head (kepala) dan bagian nonpolar tail (ekor).
  • Glikolipid, yaitu lipid yang mengandung karbohidrat.
  • Sterol, yaitu lipid alkohol terutama kolesterol.

2. Lapisan Protein
Lapisan protein yang membentuk struktur membran sel dapat digolongkan ke dalam dua jenis.
  • Protein Ekstrinsik (Perifer), protein ini letaknya tersembul di antara dua lapis fosfolipid. Protein ekstrinsik menyatu dengan permukaan luar membran dan bersifat hidrofilik yaitu mudah larut dalam air.
  • Protein Intrinsik (Integral), protein ini letaknya tenggelam di antara dua lapis fosfolipid. Protein intrinsik menyatu dengan membran dalam dan bersifat hidrofobik yaitu tidak mudah larut dalam air.
Struktur dan Fungsi Membran Sel


Fungsi Membran Sel

Membran sel memiliki  beberapa fungsi utama antara lain:
  1. Sebagai reseptor (penerima) rangsang dari luar, seperti hormon dan bahan kimia lain, baik dari lingkungan luar maupun dari bagian lain dalam organisme itu sendiri.
  2. Menjaga agar isi sel tidak keluar meninggalkan sel.
  3. Mengontrol zat-zat yang boleh masuk maupun keluar meninggalkan sel. Hal inilah yang menyebabkan membran plasma bersifat semipermeabel (selektif permeabel).
  4. Sebagai tempat terjadinya kegiatan biokimiawi, seperti reaksi oksidasi dan respirasi.


Perpindahan molekul atau ion yang melewati membran sel ada dua jenis, yaitu:
1) Transpor pasif
Transpor pasif ialah perpindahan atau keluar masuknya molekul atau ion tanpa menggunakan energi sel. Hal ini terjadi  secara spontan akibat konsentrasi tinggi ke rendah. Contoh transpor pasif adalah difusi dan osmosis.
2) Transpor aktif
Transpor aktif ialah perpindahan keluar masuk molekul atau ion yang melibatkan energi dari sel itu. Contoh transpor aktif adalah pompa ion natrium (Na+)/kalium (K+),endositosis, dan eksositosis.

Demikian penjelasan struktur dan fungsi membran sel dalam menopang keberlangsungan hidup sel makhluk hidup. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya mengenai sel.